Fase Perencanaan dalam Pengembangan Situs Web

Perencanaan dalam pengembangan situs web adalah fase pertama dalam siklus hidup pengembangan web. Aktivitas dalam fase ini adalah mengidentifikasi tujuan atau maksud pembuatan situs web. Langkah pertama dalam fase perencanaan situs web ini adalah menjawab pertanyaan berikut, "Apakah maksud dari situs web ini?" Seperti yang telah kita pelajari, baik individu maupun kelompok mendesain dan mempublish situs-situs web dengan berbagai macam maksud. Para individu mengembangkan situs-situs web untuk berbagi tentang hobi mereka, untuk posting resume, atau hanya sekedar berbagi ide tentang minat personal. Banyak organisasi membuat situs-situs web supaya para anggotanyatetap menerima informasi tentang event-event yang akan berlangsung atau untuk merekrut anggota baru. Perusahaan membuat situs web untuk mengiklankan dan menjual produk atau untuk menyediakan layanan pelanggan mereka 24 jam. Para instruktur mempublish situs web, atau menambah informasi tentang kursus mereka dengan menggunakan software manajemen kursus online, untuk memberi informasi siswa-siswa tentang kebijakan kursus, tugas-tugas, dan deadline, dan juga persyaratan kursus. Jika kita belum cukup mengidentifikasi maksud yang diinginkan tentang situs web, kita sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melanjutkan project pengembangan web tersebut.

Selain pemahaman tentang maksud situs web, kita sebaiknya juga memahami siapa yang akan menggunakan situs web dan lingkungan komputasi seperti apa yang dihadapi oleh kebanyakan para user. Dengan mengetahui seluk beluk pengunjung yang menjadi target -- termasuk tentang usia, jenis kelamin, latarbelakang demografi secara umum, dan tingkat leterasi komputer -- akan membantu kita mendesain situs web yang cocok untuk user yang menjadi target. Dengan memahami lingkungan komputasi user akan menentukan jenis teknologi web apa yang akan digunakan. Contohnya, bila kebanyakan user memiliki koneksi internet yang lambat, kita tidak perlu membuat laman-laman yang memunculkan gambar-gambar yang besar atau elemen-elemen multimedia.

Aspek terakhir pada fase perencanaan situs web adalah untuk mengidentifikasi pemilik konten dan penulis. Untuk menentukan ini, kita perlu menjawab pertanyaan berikut:
  • Siapa pemilik dan penulis informasi di situs web tersebut?
  • Siapa yang memutuskan bila/dimana informasi muncul di situs web?
Setelah kita mengidentifikasi siapa yang akan memberikan dan mengotorisasi konten situs web, kita bisa memasukkan orang-orang tersebut dalam semua aspek dari project pengembangan web tersebut.

Link-link terkait Siklus Hidup Pengembangan Website:

No comments: