Membuat UI Dinamis Menggunakan 'Fragment'

Untuk membuat UI yang dinamis dan 'multi-pane' di Android, kita perlu meng-enkapsulasi komponen-komponen UI dan perilaku 'activity' menjadi modul-modul yang bisa kita 'swap' keluar dan masuk pada 'activity-activity' kita. Kita bisa membuat modul-modul ini dengan menggunakan class 'Fragment', yang berfungsi semacam 'activity' berkalang ('activity' kecil di dalam 'activity') yang mendefinisikan layout-nya sendiri dan siklus hidupnya sendiri.

Ketika suatu 'fragment' menetapkan layout-nya sendiri, dia bisa dikonfigurasi dalam beberapa kombinasi yang berbeda-beda dengan fragment-fragment yang lain di dalam suatu 'activity' untuk memodifikasi layout kita untuk berbagai macam ukuran layar yang berbeda-beda (layar kecil mungkin menampilkan satu 'fragment' pada satu waktu, tetapi layar besar bisa menampilkan dua 'fragment' atau lebih).

Latihan ini akan menunjukkan bagaimana kita membuat user experience yang dinamis dengan menggunakan 'fragment-fragment' dan mengoptimalkan user experience app kita untuk berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda, semuanya bisa untuk mendukung berbagai perangkat dengan versi lama mulai Android 1.6.


Latihan dengan topik ini:
  • Membuat Fragment: kita akan mempelajari bagaimana membuat fragment dan mengimplementasikan beberapa perilaku dasar di dalam method-methodnya.
  • Membuat UI yang Fleksibel: kita akan mempelajari membuat app kita dengan menggunakan layout-layout yang meyediakan konfigurasi fragment yang berbeda-beda untuk layar yang berbeda-beda.
  • Berkomunikasi dengan Fragment-fragment yang lain: kita akan mempelajari untuk membuat jalur komunikasi dari satu fragment ke 'activity' dan fragment-fragment lainnya.
lisensi: cc by

No comments: