Berinteraksi dengan App yang lain

Suatu app Android biasanya memiliki beberapa 'activity'. Masing-masing 'activity' menampilkan satu UI yang mengijinkan user melakukan tindakan tertentu (misalnya melihat peta atau memotret). Supaya user bisa berpindah dari satu 'activity' ke 'activity' yang lain, app kita harus menggunakan 'Intent' untuk mengetahui maksud app kita dalam melakukan sesuatu. Ketika kita melewatkan 'Intent' ke sistem dengan menggunakan method misalnya 'startActivity()', sistem akan menggunakan 'Intent' tersebut untuk mengidentifikasi dan memulai komponen app yang sesuai. Bahkan 'intent' bisa digunakan untuk mengijinkan app kita untuk mengakses/memulai suatu 'activity' yang ada di app lain.

'Intent' bisa explisit untuk mengakses/memulai komponen tertentu maupun bisa juga implisit untuk mengakses/memulai komponen apapun yang bisa menangani tindakan yang diinginkan (misalnya memotret).

Latihan ini menunjukkan bagaimana kita menggunakan 'Intent' untuk melakukan beberapa interaksi dasar dengan app lain, misalnya memulai app lain, menerima hasil dari app lain, dan membuat app kita bisa merespon ke intent dari app lainnya.
  • Memanggil app yang lain: 
    • latihan ini menunjukkan bagaimana kita membuat 'intent' implisit untuk memanggil app lain yang bisa melakukan suatu tindakan.
  • Menangkap hasil dari suatu 'activity' lain: 
    • latihan ini menunjukkan bagaimana memulai 'activity' yang lain dan menerima hasil dari 'activity' tersebut.
  • Mengijinkan App lain memanggil 'activity' kita: 
    • latihan ini menunjukkan bagaimana membuat 'activity' di dalam app kita supaya bisa digunakan oleh app yang lain dengan mendefinisikan filter-filter 'intent' yang menyatakan 'intent' implisit yang diterima app kita.

license: cc by

No comments: