Membuat dan Menjalankan App Android Pertama Kali

Membuat App Android Pertama Kali

Latihan pertama membuat app Android ini akan membahas tentang bagaimana membuat project Android baru dengan menggunakan Android Studio dan membahas tentang beberapa file-file yang terlibat dalam project ini. Android Studio bisa di-download di: https://developer.android.com/studio/index.html

1. Buka Android Studio, dan buat project baru dengan cara:
  • Bila tidak ada project yang sedang terbuka, di jendela "Welcome to Android Studio", silahkan klik "Start a new Android Studio project".
  • Bila ada project yang sedang terbuka, pilih "File > New Project".
2. Di layar "New Project", masukkan nilai-nilai berikut:
  • "Application Name": "My First App"
  • "Company Domain": "example.com"
Dari nilai yang kita isikan tersebut, Android Studio akan mengisikan otomatis nama package dan lokasi project untuk kita, tetapi kita bisa mengeditnya jika diperlukan.

3. Klik "Next".

4. Di layar "Target Android Devices", biarkan nilai-nilai default dan klik "Next".
"SDK Minimum Yang Diperlukan" adalah versi android minimum yang di-support oleh app kita, yang ditunjukkan oleh "API level". Untuk men-support perangkat sebanyak mungkin, kita sebaiknya men-set ini dengan versi terendah yang disediakan dan app kita bisa menyajikan fitur-fitur intinya. Jika ada fitur dimana app kita mungkin hanya ada pada Android versi yang lebih baru kita perlu memilih minimum SDK yang diperlukan sesuai dengan API levelnya. Pada dasarnya: API level yang rendah men-support banyak perangkat tetapi fiturnya semakin sedikit. API yang tinggi memiliki banyak fitur tetapi men-support lebih sedikit perangkat (hanya perangkat dengan versi yang lebih baru).

5. Di layar "Add an Activity to Mobile", pilih "Empty Activity" dan klik "Next".

6. Di layar "Customize the Activity", biarkan nilai-nilai defaultnya dan klik "Finish".

Setelah diproses, Android Studio akan membuka dan menampilkan satu app "Hello World" dengan file-file default. Kita akan menambahkan fungsionalitas ke beberapa file ini di latihan berikutnya.

Sekarang mari kita review terlebih dahulu file-file yang penting. Pertama, pastikan bahwa jendela "Project" sedang terbuka (pilih "View > Tool Windows > Project") dan view "Android" dipilih dari 'drop-down list' di bagian atas. Kemudian kita bisa lihat file-file berikut:
  • "app > java > com.example.myfirstapp > MainActivity.java"
    • File ini muncul di Android Studio setelah langkah-langkah membuat project baru selesai. File ini berisi definisi class untuk 'activity' yang kita buat sebelumnya. Ketika kita men-'build' dan 'run' app ini, 'Activity' akan dimulai dan me-load layout yang memunculkan "Hello World!"
  • "app > res > layout > activity_main.xml"
    • File XML ini mendefinisikan layout dari 'activity'. File ini berisi suatu elemen 'TextView' dengan teks "Hello World!"
  • "app > manifests > AndroidManifest.xml"
    • File manifest (untuk mempelajari tentang manifest lebih dalam lihat di sini) menjelaskan tentang karakteristik dasar dari app tersebut dan mendefinisikan masing-masing komponennya. Kita akan membahas file ini lagi setelah kita akan berlatih dengan latihan-latihan lainnya dan menambahkan banyak komponen ke app kita.
  • "Gradle Scripts > build.grandle"
    • Android Studio menggunakan Gradle untuk meng-compile dan me-build app kita. Ada satu file build.gradle untuk setiap modul dari project kita, dan juga satu file build.gradle untuk seluruh project. Biasanya, kita hanya tertarik pada file build.gradle untuk modul yang ada, dalam kasus ini adalah modul app atau application.

Menjalankan App yang sudah dibuat

Dalam latihan di atas, kita sudah membuat project Android yang menampilkan "Hello World". Kita bisa menjalankan app di suatu perangkat atau bisa juga di emulator. 

Menjalankan App di Perangkat

Lakukan berikut pada perangkat yang akan digunakan:
  1. Hubungkan perangkat ke komputer dengan kabel USB. Bila kita menggunakan Windows, kita mungkin perlu meng-install driver USB dari perangkat yang kita gunakan. Untuk bantuan meng-install driver bisa lihat dokumentasi driver USB OEM disini.
  2. Aktifkan "USB debugging" pada device melalui "Settings > Developer options". Catatan: Di Android 4.2 dan yang lebih baru, "Developer options" tersembunyi secara default. Untuk menampilkannya, cari di "Settings > About phone" dan tap "Build number" tujuh kali. Kembali ke layar sebelumnya dan temukan "Developer options"
Jalankan app dari Android Studio seperti berikut:
  1. Di Android Studio, pilih project yang akan dijalankan dan klik "Run" dari toolbar.
  2.  Di jendela "Select Deployment Target", pilih perangkat kita, dan klik "OK".
Android Studio akan menginstall app pada perangkat yang terkoneksi.

Menjalankan App di Emulator

Sebelum kita menjalankan app kita di emulator, kita perlu membuat Android Virtual Device (AVD). AVD mendefinisikan karakteristik dari phone Android, tablet, Android Wear, atau perangkat TV Android yang kita ingin simulasikan di emulator Android.

Buatlah AVD seperti berikut:
  1. Carilah 'Android Virtual Device Manager' melalui "Tools > Android > AVD Manager", atau dengan me-klik 'icon AVD manager' di toolbar.
  2. Di layar "Your Virtual Devices", klik "Create Virtual Device".
  3. Di layar "Select Hardware", pilih perangkat phone, misalnya Nexus 6, dan kemudian klik "Next".
  4. Di layar "System Image", pilih 'system image' untuk AVD yang diinginkan dan klik "Next". Bila kita tidak punya 'system image' tertentu yang ter-install, kita bisa mendapatkannya dengan klik link "download".
  5. Verifikasilah setting-setting konfigurasi (untuk AVD pertama ini, biarkan saja semua setting apa adanya), dan kemudian klik "Finish".
Untuk informasi lebih detil tentang menggunakan AVD, bisa lihat link: Create and Manage Virtual Devices.

Jalankan app dari Android Studio seperti berikut:
  1. Di Android Studio, pilih project yang akan dijalankan dan klik "Run" dari toolbar.
  2. Di jendela "Select Deployment Target", pilih emulator yang ingin digunakan dan klik "OK".
Menjalankan app di emulator akan memakan waktu beberapa menit (sangat lambat). Setelah itu, 'My First App' kita akan muncul di layar emulator. Begitulah bagaimana kita membuat dan menjalankan app di emulator.

No comments: