Memahami Siklus Hidup 'Activity'

Ketika seorang user menavigasi app (keluar, masuk, menekan tombol back, dsb), instan-instan 'Activity' di dalam app kita bertransisi di antara status-status siklus hidup yang berbeda-beda. Misalnya, ketika 'activity' kita mulai dari pertama kali, dia akan mulai muncul ke depan layar dari sistem dan mendapatkan fokus utama (tampilan depan) dari pengguna. Selama proses ini, sistem Android memanggil serangkaian method-method 'activity' dimana kita meletakkan 'user interface' dan komponen-komponen lainnya. Bila user melakukan suatu tindakan yang memulai 'activity' yang lain atau berpindah ke app yang lain, sistem akan memanggil rangkaian method-method lainnya pada 'activity' kita ketika app tersebut pindah ke 'background' (dimana 'activity' tidak lagi terlihat, tetapi instan-nya dan statusnya tetap masih utuh).

Di dalam method-method yang ada dalam siklus hidup tersebut, kita bisa menuliskan kode-kode bagaimana 'activity' akan bertindak ketika user keluar dan masuk dari/ke 'activity' tersebut. Misalnya, bila kita membuat player video streaming, kita mungkin akan mem-pause video dan mengakhiri koneksi jaringan ketika user berpindah ke app yang lain. Ketika user kembali, kita bisa mengoneksikannya kembali ke jaringan dan mengijinkan user untuk melanjutkan video dari titik yang sama.

Latihan dengan topik ini akan mencoba memahami method-method dalam siklus hidup 'activity' yang diterima masing-masing instan dan bagaimana kita menggunakannya sehingga 'activity' kita melakukan apa yang diharapkan user dan tidak menghabiskan 'resources' sistem ketika 'activity' kita membutuhkannya.


Latihan-latihan dalam topik ini:

Latihan untuk dicoba:
Silahkan anda download souce code demo tentang siklus hidup 'activity' disini: Download Demo.
Catatan: Jalankan source code demo yang anda download dari link di atas, dengan Android Studio. Bila anda menemukan kode yang harus disesuaikan silahkan ubah dan sesuaikan sampai demo tersebut bisa anda jalankan dengan baik
.

license: cc by

No comments: